Pendakian Gunung Sindoro

on Rabu, 23 Januari 2013
     Sekitar jam 8 pagi kami yang beranggotakan 15 anak berangkat dari kota Wonosobo, menuju kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung menggunakan Bus micro. Sesampai di Kledung kami berjalan sampai Basecamp pendakian, mungkin bukan hal yang luar biasa, tapi setau saya masih sedikit anak SMP yang mendaki gunung.
      Di Basecamp kami berhenti sekitar 15 menit untuk meminta izin dan beristirahat sejenak, seusai beristirahat, perjalanan panjangpun dimulai, perjalanan yang sangat berat untuk fisik anak SMP. Gunung Sindoro memiliki 4 Pos yang harus dicapai sebelum mencapai puncak gunung Sindoro sendiri. Kami beranggotakan Muhammad Fauzan, Jeff Kemal Azis, Jaro Kenya, Rizal Amril Yahya, Balya Muhammad, Kristiawan Adi, Achmad Yanatun, Muh.Herru Supramono, Farisgina Almeyda, Bisma Paraswasito, Rama Isnanda Bachri, Hani, serta Reco, memulai pendakian itu.
      Pos 1 pun dilewati dengan kerja keras, pendakian dibagi menjadi 3 kelompok pada saat itu, ada yang sudah diatas, di tengah, dan dibawah, sesampai di Pos 2 kami beristirahat sejenak melepas lelah perjalanan. Bekal yang kami bawa kami hemat selama perjalanan, kami hanya makan kerupuk dan nasi selama perjalanan, tapi rasanya sungguh luar biasa.
      Kami mendaki dari bawah mulai jam 9, sesampai di pos 3, jam 2 siang. Kami bermalam di pos 3 karena mengingat cuaca pada saat itu hujan, serta fisik yang sudah lelah. Kami mendirikan 5 tenda, 4 untuk bermalam, dan 1 untuk tenda barang. Sungguh pendakian yang asyik. Disana kami bercanda tawa, melepas lelah dengan tawa, dan kopi, serta hangatnya api unggun menemani kami.
     Pagi - pagi subuh, kami menyempatkan diri tidak tidur untuk melihat "sunrise sindoro" sungguh indah karya -Nya. Seperti negeri diatas awan bisa dibilang, gradasi warna yang sangat pas ditambah hangatnya matahari jingga pagi sungguh mencuci mata. Setelah melihat sunrise, sekitar jam 11 kami memutuskan untuk turun gunung, karena perbekalan sudah habis. Walau hanya 1 hari 1 malam, sungguh pengalaman yang mengesankan, tiada duanya. Kami berharap selanjutnya akan menakklukan gunung yang lain.